Tips : Pengertian Asuransi Pendidikan dan Manfaatnya

3583 views

Pendidikan adalah kebutuhan primer bagi setiap insan. Setiap orang tua, tentunya berharap buah hatinya, bisa menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Sesuai dengan minat anak-anaknya. Sayangnya, biaya pendidikan setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Perencanaan keuangan harus dilakukan dengan cermat, agar kebutuhan tersebut bisa terpenuhi. Apa sebenarnya pengertian asuransi pendidikan dan manfaatnya?

Pengertian asuransi pendidikan

Secara umum, pengertiannya adalah jenis asuransi yang dapat memberikan proteksi terhadap kebutuhan biaya pendidikan anak. Dengan membeli asuransi ini, maka orang tua menjamin berbagai biaya pendidikan  yang harus dikeluarkan. Keuntungan dari memiliki asuransi pendidikan adalah menjadi solusi, saat orang tua menderita kesulitan finansial.

Termasuk memberikan ketenangan kepada anak, saat orang tua mengalami  kelumpuhan, sehingga tidak bisa bekerja lagi. Bahkan saat orang tua meninggal dunia. Dengan berbagai keadaan tersebut, anak yang ditinggalkannya, tetap akan memperoleh dana pertanggungan atas segala kebutuhan biaya pendidikannya.

Manfaat membeli asuransi pendidikan

Dengan memahami pengertian asuransi pendidikan, maka bisa menjadi panduan dalam membeli produk asuransi terbaik. Setidaknya ada tiga manfaat saat Anda membeli asuransi pendidikan. Sehingga segera memilih perusahaan terbaik dan membeli produk asuransi kesehatan harus dilakukan. Karena tidak ada yang bisa memastikan, seseorang bisa terhindar dari kondisi buruk. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan?

  • Memiliki investasi menguntungkan. Saat Anda menyetorkan premi pada perusahaan asuransi, sebagian besaran premi akan dikelola oleh perusahaan asuransi. Premi itu juga ditanamkan pada berbagai instrumen investasi, seperti saham dan reksadana. Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkannya untuk membayar segala biaya pendidikan anak. Dengan besaran pertanggungan, sesuai dengan kesepakatan yang tertuang pada polis asuransi.
  • Mendapatkan proteksi memadai.  Asuransi pendidikan tidak hanya sebagai perlindungan saat Anda menderita kesulitan finansial saja. Tetapi saat seseorang meninggal dunia. Dengan begitu, apa pun yang menimpa orang tua, anak bisa tetap menikmati pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi.
  • Mendapatkan fungsi keberlanjutan. Saat nasabah belum meninggal dunia dan juga tidak menderita cacat total, maka bisa merasakan manfaat lainnya, selain bisa membiayai pendidikan anak hingga wisuda. Karena Anda bisa melanjutkan asuransi ini sebagai dana wisata, dana pensiun dan untuk warisan.

Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan

Banyak orang yang menilai asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan adalah sesuatu yang sama. Padahal memiliki perbedaan sangat signifikan. Perbedaan tersebut terlihat pada karakteristik dan juga tingkat risikonya. Apa saja sebenarnya perbedaan dari kedua instrumen tersebut?

#1.Tabungan pendidikan

Secara umum,  bunga lebih kecil sekitar 3 hingga 6 persen. Dengan begitu, lebih cocok untuk menyimpan dana dalam waktu pendek, antara dua hingga lima tahun saja.  Nasabah akan dikenakan biaya administrasi, mirip dengan tabungan regular lainnya. Bank memang menanggung biaya asuransi, sayangnya dengan nilai pertanggungan yang sangat kecil. Proses pembuatan tabungan pendidikan lebih gampang, dengan tingkat risiko terbilang kecil.

#2.Asuransi pendidikan

Hasil dana yang dikumpulkan dapat lebih besar, dibandingkan dengan tabungan pendidikan. Karena dana yang dibayarkan nasabah, akan dikelola ke berbagai bentuk investasi.  Investasi tersebut sifatnya jangka panjang, karenanya dapat merasakan hasil investasi setelah melewati lima tahun pertama.  Biaya akuisisi relatif besar dan risiko juga lebih besar, daripada tabungan pendidikan.

Memahami pengertian asuransi pendidikan, sangat membantu Anda dalam memilih produk yang ditawarkan berbagai perusahaan asuransi. Kenali kebutuhan biaya pendidikan, dengan menghitungnya secara cermat. Kemudian belilah asuransi pendidikan dari perusahaan terkemuka dan terpercaya.

Asuransi Asuransi Pendidikan

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply