Sering Punya Masalah Uang di Akhir Bulan ? Ini 6 Tips Buat Kamu Biar Gak Kere Di Akhir Bulan


0

Ketika mendapatkan uang bulanan dari orang tua, kita seringkali gelap mata dan berfoya-foya di awal bulan. Seakan-akan tidak ada hari esok untuk menghabiskan uang tersebut. Jajan seenaknya, beli baju, beli sepatu, dan hal-hal lain yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.akibatnya,  baru pertengahan bulan kita sudah kelabakan mengatur keuangan yang tinggal sedikit. Alhasil menu makanan sehari-hari pun berubah drastis, yang awalnya selalu makanan machaal berubah  menjadi  makanan andalan akhir bulan. Yaps.. rendang, kari ayam, ayam bawang, empal gentong tapi dalam bentuk mie instan. Hal ini tak jarang berakhir tragis dengan mengunyah permen andalan (obat maag hehehe)

Nah, agar semua hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya ikut tips dibawah ini :

1). Ketika Dapat Uang di Awal Bulan, Langsung bagi uang tersebut menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan kamu

Ketika mendapat uang bulanan dari ortu, segera bagi uang tersebut menjadi beberapa bagian kebutuhan, yaitu kebutuhan primer ( seperti uang makan, dan keperluan kuliah), kebutuhan sekunder (seperti uang jajan), dan kebutuhan tersier ( seperti beli baju, sepatu dan sebagainya). Setelah dibagi menjadi beberapa kebutuhan dasar,  disiplinkan diri untuk tidak menggunakan uang tersebut sesuai kebutuhan.

2). Selalu ingat bahwa mendahulukan kebutuhan daripada keinginan lebih baik

Ingat selalu prinsip “ dahulukan kebutuhan daripada keinginan” saat ingin membelanjakan uang. Kadangkala kita sering lupa diri saat belanja hingga bablas  dan bikin dompet jebol.

3). Tahan keinginan untuk jajan sembarangan, karena pengeluaran kecil itu lebih baha dari pada pengeluaran besar yang menyebabkan uang habis sebelum waktunya

Jangan sering jajan sembarangan. Yaps, jajan seringkali menjadi penyebab uang habis sebelum waktunya. Karena saat jajan, kita sering berfikir, ah gapapa lah, toh murah ini. Justru pengeluaran yang kecil-kecil tapi sering itulah yang tanpa sadar  membuat dompetmu jebol sebelum waktunya.

4). Bila kamu seorang muslim, coba jalankan puasa sunnah untuk menjaga menahan keinginan makan dan lainnya. Toh selain berpahala kamu juga bakal lebih sehat dengan berbuasa

Rutinkan berpuasa sunnah bagi yang muslim. Berpuasa selain dapat menahan hawa nafsu, juga menyehatkan loh. Setidaknya dengan berpuasa, kita terhindar saat ingin jajan di siang hari. Selain itu pencernaan kita menjadi lebih terjaga dan lambung bisa istirahat sejenak untuk mencerna makanan yang berlebihan. Eiiits, tapi yang paling penting adalah niatkan puasa tersebut untuk mencari Ridho Allah Swt, bukan karena diet atau menghemat ya gaees.

5). Jangan gengsi membawa air minum dari rumah dari pada harus membeli minum diluar dan usahakan untuk memasak nasi sendiri biar tidak perlu makan di luar toh bisa bikin hemat pengeluaran

Biasakan untuk membawa bekal air minum dari rumah/kos. Dengan membawa bekal air minum, setidaknya  menghindari kita dari membeli minuman diluar. Selain itu biasakan untuk masak nasi sendiri di kosan agar menghemat pengeluaran dan mencegah kita untuk makan diluar.

6). Kalau kamu pengen beli sesuatu, coba menabung untuk bisa membeli barang tersebut. Ini bisa melatih diri kamu buat bersabar, menabung dan disiplin

Jika ingin membeli sesuatu yang kita inginkan seperti baju, tas atau sepatu, biasakan untuk menabung terlebih dahulu dan bersabar hingga tabungan tersebut mencukupi. Dengan begitu, kita akan menjadi semangat untuk menabung, kerena ada tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga : The Power Of Recehan pas lagi KERE

Loading...

Like it? Share with your friends!

0
Neta Aini

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *