Cara Menjalankan Usaha Laundry Kiloan Modal Kecil Dari Nol Hingga Sukses Besar

14171 views

Salah satu peluang usaha rumahan yang saat ini sedang naik daun adalah usaha laundry kiloan atau dalam bahasa mudahnya di sebut dengan usaha jasa cuci baju + setrika baju hingga di antar ke alamat sang pemilik bajua atau bisa juga sang pemilik mengambilnya sendiri di tempat jasa tersebut.

Peningkatan jumlah pengusaha yang menjalankan usaha laundry kiloan ini disebabkan modal yang digunakan relatif kecil dan bisa dikerjakan di rumah. Itulah sebabnya sebagian besar peminat usaha ini adalah ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan sampingan tapi tidak meninggalkan kewajiban sebagai ibu yang merawat anak, membersihkan rumah dan melayani suami di rumah berbeda dengan wanita karier.

Namun begitu, karena semakin banyaknya pelaku bisnis cuci setrika ini maka anda harus lebih kreatif dan memberikan pelayanan terbaik terhadap pelanggan.

Mungkin saja di daerah tempat tinggal anda belum ada jasa laundry kiloan, maka ini bisa jadi peluang paling bagus untuk dimanfaatkan. Baca Juga : Usaha Depot Air Minum Isi Ulang

Mulai Bisnis Laundry Modal Kecil Hingga Sukses Memiliki Omzet Jutaan dan Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan

Untuk memulai bisnis cuci baju ini, modal yang dibutuhkan tidak harus besar. Harap baca hingga akhir artikel ini agar anda mengerti mengenai bagaimana menjalankan usaha cuci setrika baju hingga sukses.

Akan kami uraikan peralatan untuk memulai jasa cuci baju kiloan ini. Baik, kita mulai dari yang paling mahal atau besar biayanya, yaitu :

Modal dan Perlengkapan :

  1. Sewa bangunan/ Tempat usaha atau bila memungkinkan anda bisa memanfaatkan ruangan samping atau belakang rumah sebagai tempat kerja sampingan anda ini. Jika menyewa, usahakan memilih yang dekat tempat keramaian atau fasilitas umum seperti Pasar, Komplek perumahan, Asrama, Kos-kosan anak kuliah, kampus, sekolah, kantor dan lain sebagainya. Dengan perkiraan biaya sewa pertahun sekitar Rp 6.000.000
  2. Mesin cuci + pengering yaitu alat paling utama untuk menjalakan bisnis ini, anda harus menyediakan minimal 2-3 buah mesin cuci yang dilengkapi pengering agar pekerjaan anda lebih mudah. Sebab ada mesin cuci yang tanpa pengering dipasaran. Biaya untuk membeli mesin ini bisa anda tekan dengan membeli yang bekas akan lebih murah. Harga perbuah mesin cuci + pengering kondisi bekas sekitar Rp 600.000 rb dengan keadaan yang masih sangat layak pakai untuk usaha. Biaya untuk 3 mesin cuci sekitar Rp 1.800.000.
  3. Setrika listrik, laundry adalah jasa cuci baju + setrika. Maka setrika juga alat penting dalam usaha ini. Beli setrika 3 buah juga cukup agar pekerjaan menjadi lebih cepat. Perkiraan biaya untuk membeli setrika adalah sekitar Rp 450.000
  4. Detergen bubuk, sprayer baju dan perlengkapan lainnya sekitar Rp 100.000

Total modal usaha laundry modal kecil ini sekitar 8.500.000 . Tapi masih bisa ditekan lagi

Cara menjalankan usaha laundry dan tips sukses

Menjalankan bisnis ini sangat mudah bagi ibu rumah tangga karena biasanya yang mengurus rumah tangga seperti masak, cuci piring dan cuci baju itu urusan ibu rumah tangga. Makanya usaha ini akan lebih mudah di jalankan. Bila kerepotan menjalankan usahanya karena order melimpah, anda bisa rekrut tenaga kerja di daerah anda, kalau bisa saudara anda yang mungkin menganggur untuk ikut membantu dan nantinya di gaji secara layak.

Dengan begitu, anda sudah mampu membuka lapangan kerja dan membantu pemerintah mengurangi tingkat pengangguran. Minimal di daerah anda. Nah, pasti membanggakan bukan ? Pasti !

Tips sukses menjalankan laundry

Memulai usaha sejak awal, berarti anda harus berusaha keras agar bisa cepat sukses menaikkan dan memperkenalkan usaha tersebut ke masyarakat. Ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi cepat lambatnya sebuah usaha berkembang, berikut ini akan kami jabarkan beberapa faktor tersebut.

Lokasi usaha yang strategis

Sama halnya dengan usaha pangkas rambut modal kecil yang saya posting sebelumnya. Perkembangan usaha jasa cuci setrika ini akan lebih cepat maju bila berada pada posisi yang strategis dan mudah dijangkau pelanggan.

Mengenai posisi yang strategis saat ini diantaranya adalah di dekat komplek perumahan, dekat jalan raya, dekat dengan kos-kosan anak kuliah atau sekolah atau karyawan dan lain sebagainya. Mungkin bila didaerah anda perusahaan yang mempekerjakan banyak karyawan, maka usahakan untuk memilih tempat yang tidak jauh dari situ agar maksimal.

Memberikan layanan yang bagus

Bisnis laundry ini sangat bergantung pada seberapa bagus kualitas layanan anda terhadap pelanggan. Usahakan untuk memberikan layanan maksimal dan jangan coba-coba untuk mengurangi kualitas jasa anda. Misal, anda biasanya menggunakan 5 sendok takar detergen ketika mencuci 20 helai baju dalam sekali cuci dan hasilnya bagus. Maka, jangan kurangi lagi kataran tersebut sehingga menyebabkan baju pelanggan jadi kurang bersih atau masih berbau.

Hal ini untuk menjaga kepercayaan pelanggan ketika bisnis sudah berjalan, kalau bisa tingkatkan lagi kualitas layanan agar banyak pelanggan loyal yang berlangganan juga ikut mempromosikan usaha anda ke orang lain karena puas setelah memakai jasa anda.

Promosi dan Buka Cabang atau Buat Waralaba

Setelah bisnis membesar dan omzet mencapai puluhan juta maka untuk meningkatkan lagi keuntungan juga kesuksesan usaha cuci baju tersebut adalah dengan mempromosikan lebih gencar lagi naik itu melalui brosur atau dengan menggunakan media sosial.

Atau buka cabang dan buat waralaba agar lebih mengukuhkan usaha laundry anda di daerah tersebut. Dengan waralaba, anda berarti sudah melakukan klaim usaha tersebut dan apabila ada orang lain yang ingin membuka usaha yang sama maka harus seizin anda terlebih dulu. Nah, untuk mencapai itu semua bukan hal mudah karena usaha rumahan modal kecil ini butuh kerja keras serta motivasi tinggi dalam bekerja.

Baca Juga : Waralaba Modal Kecil Untung Besar

Loading...

Modal Usaha Laundry Modal Kecil Peluang Usaha Rumahan Proposal Usaha Laundry Usaha Laundry Kiloan Usaha Laundry Modal Kecil

Author: 
    author

    Related Post

    Leave a reply