Menambahkan blog ke google webmaster tool merupakan hal yang perlu anda lakukan jika blog anda masih baru walaupun sudah lama karena dengan menambahkan weblog ke webmastertool kita bisa tahu tentang perkembangan blog serta error yang ada diblog. Maka dari itu, webmastertool sangat penting bagi para pemilik website yang sedang mengoptimasi blognya. Yang saya sukai dari Google Webmaster Tool adalah layanannya yang lengkap dan bisa digunakan secara gratis.

Dengan menggunakan Google Webmaster Tool kita akan mendapatkan beberapa keuntungan saat menggunakannya. Kita bisa melihat status indeks artikel, halaman error, kesalahan perayapan, keyword yang mengarah ke blog, serta statistik pengunjung setiap harinya bisa kita pantau melalui grafik yang ditampilkan pada Webmastertool.

Melalui webmastertool kita bisa melakukan klaim dan verifikasi bahwa blog tersebut milik kita, saya akan berikan tutorialnya dibawah ini :

Cara Menambahkan Blog Ke Google Webmaster Tool

1. Buka dan kunjungi alamat ini https://www.google.com/intl/id/webmasters/, untuk menggunakannya anda bisa masuk ke Google webmaster tool menggunakan akun gmail milik anda. Setelah anda masuk, klik tombol berwarna merah dengan tulisan Tambahkan Situs.

2. Lalu akan muncul jendela popup kecil dengan tampilan kotak kosong tempat meletakkan url blog anda. Masukkan url blog anda disana lalu tekan tombol biru bertuliskan Terus.

3. Langkah diatas adalah proses penambahan situs ke webmastertool maka langkah selanjutnya adalah melakukan klaim dan verifikasi terhadap situs yang anda tambahkan tersebut dengan beberapa metode.

4. Agar lebih mudah pilih saja opsi alternatif yaitu dengan menggunakan metode tag html. Akan terlihat kode meta tag yang harus dimasukkan ke situs blog.

5. Pastikan jika anda sudah menyalin / mengambil kode meta tag yang disediakan, setelah anda salin maka sekarang waktunya untuk meletakkan pada website yang sudah anda tambahkan pada webmastertool. Letakkan kode tersebut tepat dibawah kode <head> pada template blog baik itu blogger maupun wordpress lalu simpan perubahan pada template blog anda.

6. Setelah tersimpan maka selanjutnya yang harus anda lakukan adalah buka lagi halaman webmastertool lalu klik tombol Verifikasi , lalu akan muncul peringatan bahwa proses verifikasi blog anda sudah selesai dan berhasil. Selamat !

Ini saja postingan pada malam ini, semoga bermanfaat dan berguna untuk sobat blogger 🙂

Loading...

Like it? Share with your friends!