4 Alasan Kenapa Masih Tertipu Saat Berbelanja ONLINE ? Salah Satunya Tentu Kamu Alami


0
alasan bisa tertipu saat belanja online
Pada era ecommerce atau berbelanja online seperti saat ini, semakin banyak saja oknum-oknum yang melakukan penipuan yang mengatasnamakan jual beli produk online. Dalam hal ini, apakah anda pernah mengalami penipuan ketika berbelanja online ? Tahukah anda mengenai hal-hal yang membuat anda tertipu ketika sedang berbelanja ?
Alasan Kenapa Masih Tertipu Saat Berbelanja ONLINE ?
Kita akan bahas hal tersebut disini, mungkin sebagian dari kamu sudah pernah tertipu ketika berbelanja. Padalah saat ini sudah banyak fasilitas yang memudahkan proses berbelanja secara online dengan memanfaatkan aplikasi atau web khusus yang menjamin keamanan transaksi jual beli kamu agar terhindar dari modus penipuan.
Himbauan juga buat kamu kalau misalnya berbelanja itu, harap selalu memperhatikan dengan seksama mengenai toko tempat kamu ingin berbelanja, lihat harganya apakah masih ada diambang harga pasaran, dan lain sebagainya. Ayo kita kupas tuntas disini

#1. Kurang Teliti Ketika Berbelanja Online

Melihat lebih teliti saat ingin membeli sesuatu di internet sangat penting karena hal tersebut bisa menjadi tanda awal anda untuk mengidentifikasi apakah lapak tempat anda ingin membeli itu memang benar valid atau hanya abal-abal atau akun bayangan saja yang mengatasnamakan lapak resmi.
Telitilah dan jangan ragu untuk mencari informasi yang penting terlebih dulu agar tidak tertipu saat berbelanja online.

#2. Tergiur Dengan Harga Murah

Nah, salah satu trik yang sering dilakukan oleh para penipu untuk mengelabui para korbannya adalah dengan memberikan tawaran harga produk dan barang yang murah bahkan dibawah harga pasaran. Jangan mudah terpancing dengan tawaran harga murah, waspadalah dengan penipuan. Contohnya, harga Notebook Asus Core i5 RAM 4GB dijual denan harga 2,5 juta. Itu harga yang tidak masuk akal.
Banyak yang tertipu karena tergiur harga murah. Cobalah untuk membandingkan harga barang yang dijual pada lapak tersebut dengan harga pasaran atau lapak lain. Jika selisihnya jauh dibawah maka waspadailah.

#3. Tidak Berbelanja di MarketPlace

Benar, tidak berbelanja di marketplace sangat memungkinkan bagi anda untuk tertipu oleh oknum tidak bertanggung jawab untuk menipu anda. Tahukah anda bahwa saat ini ada banyak marketplace di Indonesia yang menyediakan tempat berbelanja aman dengan jaminan uang kembali bila barang tidak cocok dengan yang sudah dipesan ? Demi kenyamanan para penggunanya marketplace ini memberikan keamanan transaksi dengan menjadi pihak penengah antara penjual dengan pembeli.
Sistemnya begini, Pembeli memesan barang -> Barang dikirim oleh penjual -> Pembeli mentransfer uang ke marketplace-> Setelah barang sampai ke pembeli -> Marketplace akan membayarkan uang dari hasil pembelian barang tersebut kepada penjual.
Banyak penipuan terjadi ketika para penjual dan pembeli bertransaksi secara langsung. Sehingga memungkinkan bagi pihak penjual untuk berlaku curang melakukan penipuan.
Marketplace yang populer saat ini misalnya Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya.

#4. Tidak Menggunakan RekBer ( Rekening Bersama )

Rekening bersama ini sudah ada banyak, salah satunya yang populer dlah RekBer yang disediakan oleh KasKus. Anda bisa memanfaatkan rekening bersama tersebut bila memang bertransaksi tidak melalui marketplace. Untuk meminimalisir tingkat penipuan yang merugikan anda sebagai pembeli.
Itulah beberapa alasan mengapa anda masih tertipu saat berbelanja online. Waspadailah dan kalau misalnya anda sudah pernah tertipu jangan sampai tertipu lagi karena hanya menguntungkan oktum-oknum yang mencari nafkah dengan cara yang tidak halal tersebut.
Loading...

Like it? Share with your friends!

0
Admin

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *